Rabu, 12 Maret 2014

My Second Trip to Sempu Island.

Haiiiii!! How's life reader? Long time no see!
Di postingan kali ini gue mau cerita pengalaman kedua gue waktu ke Pulau Sempu bareng anak-anak RnB English Course hehe
Apa sih pulau sempu itu?

Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau. Secara geografis, Pulau Sempu terletak di antara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat. Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta mendapat perijinan. ( Sumber )

Nah sesuatu banget kan? Perjuangan untuk mencapai pulau sempu juga luar biasa! dimana kita setelah nyebrang pake perahu nelayan itu, kita harus berjalan menembus hutan... lama perjalanan tergantung gimana track di hutannya. Kalau lagi musim panas dan tracknya kering, perjalanan cukup 1,5 jam..tapi kalau musim hujan dan tracknya berlumpur itu bisa makan waktu paling lama 4,5jam.. Terus gimana sama perjalanan gue yang kemarin? Gue ngalamin perjalanan 4,5 jam menembus hutan demi mencapai Pulau Sempu!

Here's the story..

Kita berangkat tanggal 1 Maret 2014, jam 10 dari Pare,

Siap berangkat!!

Kira-kira sampe di Sendang Biru itu jam setengah 4. Sampe disana kita masih harus nunggu yang lagi izin gitu, sekalian kita makan siang sama prepare. Start kita berangkat jam setengah 5 sore.. uh khawatir malem di hutan, apalagi mata gue yang minus dan gak pake kacamata..mata minus itu kalo udah malem ya udah susah banget ngeliatnya! Pertama kita nyebrang dulu dari Sendang Biru, perjalanannya gak lama kok cuma kira-kira 15menit.

Narsis dulu selama penyebrangan :p

nah ini udah sampe (dituruninnya ditengah-tengah x_x)

Setelah sampe, kita masih siap-siap dulu. Kalo gue sendiri ya siap-siapnya itu ngiket tali sepatu yang kencang sama minum air putih yang cukup. Yang lainnya juga masih nyiapin segalanya.
kalo ini lagi absen peserta sambil narsis :p

Semuanya sudah siap!

Oke, selesai absen..kita go! Waw jalannya beda sama waktu pertama kali gue ke Pulau Sempu, lebih tinggi.. pertama masuk hutannya itu gue udah doa-doa aja, dan emang dasar gue jarang olahraga ya jadi baru jalan sedikit udah capek..apalagi jalannya naik-naik gitu,terus dijalannya itu banyak batu karang yang cukup besar,tajam,licin trs ada juga tunas-tunas pohon yang tajam..dan gak disangka track kali ini berlumpur dan licin! Ada dimana gue salah langkah, kaki gue nyebur di lumpur dan sukses ngebuat sepatu gue nyangkut dan lepas. Akhirnya gue mutusin buat gak pake sepatu aja, sepatu disimpen sama temen gue dan alas kaki gue cuma kaos kaki yang gue pake. Waw banget tracknya dimana gue harus naik-naik, akar buat pegangan karna susah gitu kan jalannya, tapi ternyata ada yang berbaik hati sama gue yaitu temen gue Habibi..dia yang bantu gue pas perjalanan pergi, dia yang gandeng gue, bantuin gue bisa nyari jalan.. karna jujur gue orangnya takutan gitu, terus emang kurang pencinta alam aja..haha kaki udah penuh lumpur, ditengah-tengah perjalanan juga kaos kaki gue lepas satu persatu dan gue gak peduli, gue tinggal aja..akhirnya kaki gue gak pake alas apapun. Dengan was-was gue jalan karna takut ketusuk duri gitu. Track yang paling gue benci itu pas turunan, karna gue takut jatuh.. licin banget!

ini ditengah perjalanan, dijalan yang gak terlalu berlumpur..bisa diliat lumpurnya dikaki teman-teman.. gue gak ada kayanya gara-gara masih dibelakang ._.

Hari mulai gelap..disini waktunya gue panik. Karna gue gak liat apa-apa, gue bisa liat jalan itu pas si Habibi nyenterin jalan. Udah ngeliatnya cuma sedikit, burem pula..sengsara! Ditengah perjalanan pas kita break, si Habibi kecapean kayanya haha terus ganti sama Anton yang bantuin gue..sama kok bantunya. Disini juga gue jalannya dibantu sama tongkat, tongkatnya udah kaya punya nenek sihir.. sedikit ngebantu dan sedikit ngebuat repot juga sih. huh!
nih orang gak peduli penampilan..huahaha liat aja tongkatnya. *ngaca*

Perjalanan malam saat melewati sebuah GOA batu-batu....

Break dulu sebentar :)

Lagi-lagi yang ngebantu gue ganti, Mr. Ryan..huahaha banyak banget yang bantu gue, ya maklum aja ._. Pengelihatan gue cuma tergantung sama jalan yang disorot senter, kalo itu senter nyorotnya ketempat lain ya gue cuma bisa ngeliat warna hitam dimana-mana..sengsara kan? haha Banyak banget salah langkah gue, selalu nyelup dilumpur yang tebel itu, bunyinya juga kalo kita nginjek itu kaya bunyi kent*t haha Terus ditengah perjalanan abis break untuk kesekian kalinya, yang bantu gue juga ganti.. yaitu Papa Bay tersayang.. Yang paling menegangkan itu pas laut udah di pinggir kita, ibarat kita itu ada diatas, gue inget waktu itu gimana parahnya track disitu, salah langkah atau kepeleset udah kita jatoh ke bawah, dan gatau gimana nasib kita. Dengan penuh hati-hati gue lewat situ, lebih mencekam karena malem dan gue susah ngeliat. Gue kaya ngerayap gitu dipinggiran sama akar-akar. Jalannya juga pelan banget, mulai deg-degan pas udah denger suara ombak, seneng tapi takut juga haha Dengan penuh perjuangan, akhirnya kita semua sampe di Pulau Sempu, begitu sampe gue langsung lepas tas, ambil minum dan....tiduran! Surga banget rasanya! Gue nanya ke temen gue jam berapa, dan ternyata jam 9 malam. WAW! Berarti perjalanan kita hampir 4,5 jam! :O
Yang cowoknya langsung bangun tendanya, dan yang ceweknya istirahat..haha

ini tendanya udah jadi :)

Selesai bangun tenda, kita semua istirahat, ada yang nyanyi-nyanyi, solat, masak,tidur-tiduran sambil menatap bintang (cieeee~) kalo gue lebih milih pijet-pijetan aja..haha

Begini lah keceriaan dimalam hari :D

Kira-kira udah larut malam, tenda-tenda lain udah pada tidur kayanya,tapi kita aja yang masih berisik hoho tapi pas semuanya udah ngerasa ngantuk langsung pada tidur, kita cewek-ceweknya hampir semua ikut tidur diluar, gak di tenda, jadi tenda buat barang-barang aja haha..

Salam hangat pagi dari Pulau Sempu :D

Nah itu tebing di atas sana yang tadi gue maksud :o

Ini view Pulau Sempu kalo dilihat dari tebing tadi :D

Foto-foto dulu yaaa :p

Ini dia view yang katanya langsung ke Samudera Hindia! *.*

Direkturnya RnB nih ngibarin bendera di tebing yang lebih tinggi lagi :O

Selesai acara naik-naik keatas,kita semua turun..dan bersiap buat bertemu pantainya! Semuanya berenang, dan kali ini pantainya gak surut, kalo dulu waktu gue pertama kesana, sampe ujung aja airnya cuma se-perut..jadi gak bisa berenang, kalo yang kemarin ini seru banget! Baru sampe tengah aja udah mau se-leher.. puas banget, berenang-berenang, terus ada yang ke tebing karang buat loncat, terus kita perang-perangan bola pasir pantai, main bola, foto-foto, bercanda..semuanya deh seru banget!!

bisa diliat itu yang diujung sana..itu rombongan kita, mereka lagi uji adrenalin mereka...

berenang-renang sambil narsis dulu :p

Saatnya peraaaaanggg!!! (lol)

Fyuh! Abis capek main-main di pantai..sekarang waktunya kita buat siap-siap untuk menembus hutan lagi buat balik ke Sendang Biru...Tenda mulai diberesin lagi, sampah-sampah dikumpulin untuk dibawa lagi karna gak boleh buang sampah disana, semuanya dipersiapin!

Yuk diberesin semuanya....

Istirahat sebentar abis beres-beres, sekalian nyiapin fisik:)
   Oke, time to leave! Kita harus nembus hutan dengan track yang seperti semalem... dan karena semalam itu perjalanannya malem,gelap gak keliatan..siang itu gue shock ngeliat tracknya! Apalagi track di pinggir laut yang sebelumnya gue ceritain..

beginilah...dan hati-hati salah langkah...

oke, dan gue pun dapet bantuan lagi._.

Track pulangnya gak begitu berlumpur, mungkin karena udah mulai kering dan kebetulan gak ada hujan juga. Tapi di perjalanan pulang ini gue banyak jatuh bangunnya, karena banyak ngelewatin turunan yang gak ada penahannya gitu, serasa sekuat tenaga banget jalannya.. tapi kali ini gue pake sepatu..dan syukur sepatu gue gak lepas lagi, dan kaos kaki gue juga aman kok gak lepas :p Disaat kaya gini, terasa banget se-teguk air mineral itu berharga banget! Oh ya waktu perjalanan pulangnya yang bantu gue itu si kapten, tenaga dia strong banget buat narik gue, dan dia itu ekstrim..ngebawa guenya ke track yang beda..iya sih gak terlalu berlumpur tapi ekstrim banget! Dia suka banget ambil track yang diatas-_- Dan gue tetep ada di kelompok paling belakang hahahaha

kira-kira kaya gini track waktu pulang.. (agak kering)

Istirahat dulu sambil makan persediaan yang ada dan minum juga pastinyaa.. :D

menit-menit udah mau sampe tujuan..jadi main-main dulu laah :D

Di akhir-akhir ini, kita agak misah gue dipaling belakang sama 5orang lainnya. Seru nih yang terakhir ini banyak ketawanya, terus karena kita misah sama rombongan depan, kita gak ada yang bawa air..terus nemu manggis hutan yang jatuh dibawah,itu sampe kita pungut terus kita makan, rasanya gak manis, asem gitu tapi entah kenapa abis makan manggis itu seger banget dan tenaga berasa pulih! (lebay tapi bener :p)

ini adalah turunan terakhir sebelum kita bisa nginjek pasir pantai lagi..

Ada juga nih Video perjalanan kita semua, karyanya Rizal :D

Nah sekian cerita perjalanan kedua gue menuju Pulau Sempu.. capeknya parah, senengnya juga parah! Ada sedikit tips buat kalian yang mau ke Pulau Sempu, berikut tipsnya :
1. Bawa uang secukupnya aja, gak usah banyak-banyak, di dalam Pulau Sempu gak ada yang jualan oleh-oleh kok :p
2. Bawa baju salin secukupnya. (isi tas gak usah berat-berat)
3. Ini yang paling penting,air mineral! 1 orang itu minimal 2 botol air mineral yang 1500ml, karna disana nanti gak ada air tawar sama sekali. Adapun yang jualan disana (tapi jarang bangett!,biasanya cuma satu orang) dan harganya itu 25000/2botol.. WAW!
4. Bekal makanan secukupnya.
5. Obat-obatan pribadi.
6. Handuk kecil (kalo merasa butuh).
7. Sepatu yang nyaman (ngaruh banget buat perjalanan kita).
8. Baju yang dipake buat diperjalanan juga harus senyaman mungkin,gak usah pake jaket atau sweater karena gak dingin dan kalian bakal keringetan.
9. Persiapan fisik sendiri tentunya!
10. Utamakan kebersamaan disini,jangan egois..jangan sok cari jalan sendiri kalo emang belum tau atau ragu..karna pengalaman dihutannya ini pernah ada yang tersesat gitu,ada yang baru ditemuin itu sekitar 2 hari,dan yang paling lama itu ditemuin 4 hari.. kalo baru pertama kali kesini, gak ada salahnya sewa guide, ikutin aja jalan yang dikasih tau pak guide, nurut-nurut :D
11. Di dalam hutan juga dijaga ya bicaranya, dan jangan lupa dijaga kebersihan hutannya,jangan buang sampah disana :)
12.  Yang terakhir dan paling penting.. Doa! :D

Sekian postingan gue kali ini, sumpah gak akan nyesel kalo kalian kesana!! :D