Jumat, 28 Maret 2014

My Journey at Kampung Inggris

Hai, finally I came back to my home sweet home! And say goodbye to Kampung Inggris.. nah di postingan kali ini gue mau ceritain perjalanan gue selama di Kampung Inggris, dari mulai gue pertama kali dateng sampe gue pulang.. jangan bosen ya bacanya ^^

Tahun 2013 ini setelah lulus SMA, gak keterima di Universitas yg diinginkan..gue mutusin buat ke Kampung Inggris. Sebelumnya cuma tau informasi tentang KI itu dari temen SMA gue yang udah dari bulan Juni ada di sana. Walaupun udah nanya-nanya tapi tetap aja gak ngerti. Akhirnya nyoba cari informasi lewat websitenya KI,terus berlanjut ke Facebooknya KI..udah nanya tapi gak ada balesan. Tiba-tiba dapet friend request di Facebook dari kursusan di KI yg namanya RnB English Course.. Langsung deh nanya-nanya, setelah nanya..katanya disuruh hubungin contact personnya RnB EC..udah ngehubungin, ngobrol banyak sama Mr. Ryan, direkturnya RnB..selesai telpon, langsung konfirmasi terus transfer DP deh. Gue ikut periode 25 Agustus 2013, tapi gue berangkatnya tanggal 23 Agustus 2013. Gue kesana dianter sama mama papa naik kereta,kebetulan bulan septembernya emang mama papa mau pergi haji. Mereka stay 2 hari disana. Nah disini perjalanan dimulai..

Pertama kali menginjakan kaki di Kampung Inggris Sabtu,24 Agustus 2013. Nemuin si direkturnya RnB EC, Mr. Ryan. Wow..sesuatu yang ngagetin banget kesan pertamanya.. Gue bertanya-tanya ke diri gue sendiri.. ‘masa iya ini direktur? Salah masuk kursusan gak ya?’ , kenapa gue nanya gitu? Bayangin aja masa iya direktur nemuin tamunya dengan muka bantal? Cuma ngusap-ngusap muka doang, pakaiannya Cuma kaos oblong sama celana pendek, rambut masih agak gondrong waktu itu.. Gak asik kesan pertamanya..tapi gue beraniin diri deh karena udah terlanjur juga dan kalo  mau pindah kan belom tau apa-apa.. Mr. Ryan nganterin gue ke Camp 3 (camp cewek RnB EC),hmm..tempatnya oke, bersih,kaya masih baru gitu. Gue pilih kamar di lantai 2. Begitu sampe di atas, ada dua cewek lagi duduk-duduk dan mereka nyambut gue dengan ramah. Mereka adalah Suri dari Bandung dan Ririn dari Makassar..wow banget, pertama kalinya ketemu orang Makassar..agak norak sih haha Mereka nunjukin kamar yang kosong, tapi gue milih sekamar sama Suri. Hmm..kamar yang sederhana, 2 matras, 3 lemari kayu sederhana,karpet,kipas angin..It’s ok lah! Emang sih sempet bertanya-tanya lagi, ‘bakal betah gak ya di tempat ini?’. Sama kaya alesan yang pertama, terlanjur..jalanin aja. Oh iya, by the way Mama Papa nginep di penginapan deket Camp. Nah ternyata hari itu gak cuma gue yang baru dateng, ada juga Mega dari Jombang, Intan,Lala,Ratna dari Bandung..langsung aja gue SKSD sama mereka, daripada gue bengong? Banyak ngobrol sama mereka, tapi dihari pertama itu gue masih malu-malu kan sama orang baru..

 Nah untuk malem Seninnya, Mr. Ryan ngajakin semuanya kumpul di Center (office RnB EC), kirain ada apa gitu ya, ternyata kumpulnya itu mereka ngenalin RnB EC dan perkenalan untuk semua member barunya. Ada juga kok member lamanya Cuma agak lupa sih gue siapa aja..hehe Perkenalannya tuh berdiri gitu satu-satu, boleh pake Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia kok. Dipertemuan pertama itu dijelasin semua peraturan-peraturan yang ada, diceritain juga sejarahnya RnB EC tuh gimana, terus Mr. Ryan juga ngenalin dirinya, dan dia juga ngenalin Manager RnB EC, namanya Mr. Bay..Kesan pertama ngeliat Mr. Bay tuh ya orangnya tegas banget, takut gue liatnya..terus gue ngeliat ada satu cowok gitu seinget gue pake baju merah,orangnya kecil,rambutnya juga ih banget.. terus gak bisa diem,berisik! Gue kira itu pasti member tua di RnB EC.. Dikenalin deh yel-yel RnB itu..kalo teachernya bilang ‘RnB Student?’ kita harus jawab ‘WE ARE CRAZY!’..kaget dong gue..apa-apaan gitu kan kok crazy??? Terus dijelasin, ‘we are crazy…to get our own world’..hmm..masih tuh gue gak rela ngakuin kalo gue crazy, walaupun udah tau filosofinya..

Hari pertama ( Senin, 26 Agustus 2013), bangun paginya udah gak kesiangan lagi, tapi gue bangun jam setengah 5, karna ada solat subuh berjamaah gitu, nah ini nih hari pertama gue mulai belajar di KI..pelajaran pertama dimulai jam 7 pagi, kelas Vocabulary..dan..i got a surprise there! Ternyata si cowok yang sebelumnya gue ceritain, si baju merah dan berisik itu guru Vocabulary gue..Namanya Mr. Randy..gue mikir gitu..semalem gak ada tampilan teacher sama sekali padahal.. oh iya dia dari Makassar..uh ketemu orang Makassar banyak banget disini! Dikelas itu ketemu banyak temen baru juga, ya gak terlalu banyak tapi asik. Selesai kelas Vocab, kita balik ke Camp, seharusnya sih kelas Grammar tapi teachernya lagi pulang..terus lanjut lagi jam setengah 2, itu kelas Pronunciation.. ternyata yang ngajar itu Mr. Bay..orang yang gue takutin waktu baru pertama liat dia..selesai kelas sampe jam 3 kan, terus lanjut jam 4 itu kelas Speaking, teachernya itu Mr. Ryan sendiri.. Ngerasa capek aja gitu di hari pertama..gak pernah sesibuk itu..terus kita juga ada solat magrib berjamaah,baca al-qur’an dan abis solat isya, kita ada kumpul lagi,namanya itu Study Club..belajar yang ringan-ringan gitu, yang ngajarnya Mr. Randy, harusnya sih Tutor di Camp 3, tapi kan tutornya lagi pulang..Jadi sama Mr. Randy.. Selesai kegiatan hari pertama..waah capeknya!

Seminggu setelah itu, tutor Grammarnya udah balik lagi. Miss. Nisa dari Bawean.. ternyata dia umurnya Cuma beda setahun loh sama gue..keren yaa udah bisa jadi tutor..dia juga tutor camp 3..dia orangnya tegas, suaranya kalau teriak oke banget, sukses buat orang bangun!haha tapi gue lupa sekitar beberapa minggu gitu dia balik ke kampungnya, karena ada urusan..lagi-lagi di Camp gue gak ada tutornya. Di Weekend minggu pertama gue di KI, Mr. Rian ngajak kita semua ke tempat wisata di Pare, namanya Goa Surowono sama Candi Surowono..ehm gak bagus-bagus banget tapi seru aja, kita perginya tuh naik Odong-odong :D Pulang dari sana badan berasa capek banget.. jelas capek abis masuk Goa Surowono yang bisa dibilang kaya gorong-gorong hehe masuknya gelap banget terus basah dan.. harus jongkok-jongkok pula.. sukses banget bikin badan sakit!

Dua minggu berlalu, gue ngerasa udah makin deket sama temen-temen disana. Terutama Intan, dari Bandung..gue udah anggep dia kakak gue. Kemana-mana berdua, curhat, ketawa bareng..semuanya deh! Terus di Weekend minggu kedua gue di KI, kita pergi ke Gunung Bromo.. subhanallah indah banget! Kita berangkat jam 10 malem, nyampe sana sekitar jam 5 pagi, tepat ngeliat Sunrise.. keren deh!! Tapi sayang, karena Intan Cuma stay disana selama 2 minggu, setelah kita jalan-jalan ke bromo..Intan dan kawan-kawannya ngadain farewell party gitu..gue nangis! Karna menurut gue itu pertama kalinya gue nemuin kakak cewek! Sehabis dia pulang, gue ngerasa hampa banget..tapi gue masih punya satu sahabat, namanya Linggar dia dari Lampung..sebenernya gue, Intan, Linggar itu udah kaya adek kakak aja. Seneng deh!

Hari demi hari gue bisa terbiasa tanpa Intan..gue ngabisin banyak waktu gue berdua sama kakak gue tuh si Linggar, sampe-sampe lomba makan Maicih berdua sama dia..gila deh emang! Oh iya terus gue dapet temen-temen baru juga..yang pastinya dari berbagai macam daerah J Di minggu ke-tiga gue disana, gue masuk ke program level 2..disini gue udah mulai akrab sama yang namanya Mr. Bay.. ternyata orangnya gak se-nyeremin yang gue kira..malah orangnya lucu banget, gila pula..sama kaya teacher-teacher yang lainnya, ternyata mereka gila semua! Haha tapi diminggu ke-tiga ini, Mr. Ryan pulang ke kampungnya karna ada urusan gitu..nah kelasnya dia digantiin sama Mr. Randy..annoying banget yang namanya Mr. Randy..sumpah deh ampun kalo dia udah mulai iseng ngasih tugas apalagi pas Examnya..annoying banget deh!

21 September 2013 adalah hari besar untuk RnB English Course, karena hari itu merupakan Anniversary RnB yang pertama.. Mr. Bay ngasih kepercayaan gue buat jadi Pembawa acaranya..waw grogi banget, harus pake Bahasa Inggris juga.. hmm ini pertama kalinya gue jadi pembawa acara. Ngomong didepan orang banyak..dan penampilan gue juga beda banget waktu itu.. hijab..hoho Sebelum mulai ngomong aja gue deg-degan banget, tarik nafas sedalam-dalamnya..huuh!  

Di bulan ke-dua ini (kira-kira Oktober)  gue punya papa kedua yang gue dapet di KI, Mr. Bay..gue sama Linggar nganggep dia itu papa kita, emang kita akrab banget..beliau juga selain berperan jadi guru, dia juga cocok buat jadi papa kita..curhat,bercanda,makan itu kita lakuin bareng-bareng. Kalo gue atau Linggar ada masalah ya kita datengnya ke dia..the best banget deh! Nyesel banget pernah takut sama Mr. Bay..haha :p yang dulu gue kira orangnya tegas banget, ternyata gokil tapi lembut juga.. perhatiannya dia ke gue sama Linggar udah kaya ke anak sendiri.. Love banget sama teacher yang satu itu! :D Kita ngelakuin petualangan baru, kita pergi ke Pulau sempu..apa ya Pulau sempu itu? Kalian bisa baca di postingan gue yang ini (trip ke2 ke Pulau Sempu). Menurut gue, itu adalah pertama kalinya gue bener-bener berpetualang! Waw banget deh pokoknya!

Masih di bulan ke-dua, disini gue ngerasa banyak yang beda..Gue nemuin sahabat-sahabat baru,kebanyakan gue bersahabat sama cowok..kalo disini gue kebanyakan main sama cowok hehe..nah  ada Wira dari Makassar,Aim dari Pontianak. Tentang kisah gue sama mereka kalian baca disini.

 Di minggu-minggu terakhir bulan Oktober..Mr. Bay ngasih kepercayaan sama gue buat sementara gantiin posisinya Miss. Nisa, gue harus tanggung jawab sama Camp 3 dan segala study club yang ada di camp 3 itu..sebuah kesempatan yang langka menurut gue, langsung dipercaya sama Mr. Bay! Ya gue gak nolak, karena menurut gue gak ada salahnya ambil kesempatan itu..dia bilang dengan gitu dia bakal ngajarin gue soal tanggung jawab… ya bener aja gue belajar banyak dari kesempatan itu..

Dibulan ini juga gue ketemu sama Bandung Community..3 cowok dari Bandung, ada Icang, Derry, Andre..mereka udah kaya trio, kemana-mana bertiga haha ganteng2 cowok bandung itu menurut gue :p Idul Adha segera tiba, ini adalah pertama kalinya gue lebaran di kampung orang… ternyata seru juga loh..kita malem takbirannya keliling KI..pada bawa obor gitu..terus besok paginya kita solat Ied di masjid An-Nur..masjid terbesar dan terindah di Pare…selesai solat kita balik ke RnB center.. disana kita makan opor ayam, hayo siapa yang masak? Kokinya adalah Mr. Bay! Enak loh masakan dia :p Gak kalah seru juga ternyata lebaran di kampung orang..

Sehabis lebaran..gue deket sama salah satu dari bandung community itu…ya itu hanya masa lalu sekarang hehe Proses bermasa lalu gue sama dia itu yang ngebantu si Aim..tapi itu gak perlu dibahas..karna mitos yang dibilang sama Mr. Randy itu bener..dia selalu bilang “cinta di pare nyesek”…awalnya gak percaya, tapi pas dapet..eh iya mitos itu bener..ya gak perlu dibahas soal yang ini :p

Akhir bulan Oktober, Bandung community pulang. Gak lama setelah Bandung Community pulang.. Ada lagi yang dateng..nah disini gue juga ngedapetin kakak-kakak baru disana..mereka itu adalah Zaldi dan Utta dari Makassar. Pertama ketemu mereka itu waktu study club gue, tiba-tiba mereka dateng, ya mereka gue suruh ngenalin diri.. pertamanya gue kaget..ini dua orang serem-serem banget mukanya!:p Tapi setelah mereka ngenalin diri, gue tertarik sama mereka, karena ternyata mereka itu Sarjana Sosiologi loh.. gue suka banget sama pelajaran sosiologi.  Lama kelamaan kita jadi akrab, udah gue anggep kaya keluarga sendiri. Kalo punya masalah ya curhatnya ke mereka, terutama kakak-kakak gue itu tuh, mereka bijak banget kalo udah nanggepin curhatan gue, apalagi kalo soal cinta..haha tapi biarpun bijak begitu..mereka kebanyakan annoyingnya! Apalagi yang namanya Utta yang katanya si Mr. Moustache Handsome..hm annoying tiada tara deh..kalo Zaldi gak annoying-annoying banget.. dia care sama gue, dia gila..dia nganggep gue tutornya banget, walopun gue Cuma tutor camp 3 sama study club waktu itu..haha

 Miss. Nisa pun balik ke KI lagi..ternyata Mr.  Bay tetep ngasih kepercayaan itu sama gue..jadi tutor Camp 3 itu Miss. Nisa sama gue sendiri.. Kebetulan memang ada saudara gue juga stay disini, Eci. Dia pacaran loh sama si Mr. Randy (tapi udah berlalu)..gue ikut mr. Randy ngejemput Eci yang baru balik dari bandung, jemputnya ke stasiun Jombang. Sepulang dari jemput Eci, ternyata ada rencana dadakan dihari itu, kebetulan hari Minggu. Kita rencana mau pergi ke Malang! Eci dan Mr. Randy yang ajdi donatur buat sewa mobil sama bensinnya :p  Gak Cuma kita bertiga yang ikut pergi, tapi kita ngajak Aim,Wira,Anton,Zaldi,Utta. Gak ada yang tau jalan ke Malang, jadi Cuma modal liatin papan jpetunjuk jalan aja. Perjalanannya macet banget,kita waktu itu berangkat sekitar jam 11.30, harusnya jam 2 juga udah sampe, tapi karena macet kita sampe jam 3an..niat awal kita mau ke Jatim Park..tapi kita mikir lagi,jam setengah 5 itu udah tutup,nanti kita rugi..yaudah akhirnya gak jadi, kita ke Alun-alun batu sama ke BNS..seru! Gue,Mr. Randy, Eci tuh udah kaya keluarga, dompet kita semua itu masuk ke tasnya Eci, kalo butuh buat beli ini itu tinggal ambil aja di tas, entah dompet yang mana hahaha Selama ke Malang itu, kita namain geng itu dengan nama “Ambruk”..kenapa ambruk? Itu berasal dari kalimat “I’m broke”…karena kita semua yang abis jalan-jalan itu besoknya langsung kere semua hahaha tapi seru bangeeett!

Akhir bulan November 2013..gue balik..sementara..sekitar 2 minggu. Balik karna kangen aja sama rumah..gila rasanya kaya mimpi loh pas ada dirumah haha tapi apa yang gue rasain pas gue balik? Gila! Gue kangen KI! Setiap malem gue skype sama temen-temen yang ada disana..kangen banget! Skype bisa sampe tengah malem..segitu kangennyaa… Tapi gue balik lagi kok,sekitar bulan Desember gue balik lagi itu ngebawa 2 orang temen gue, si Mahal sama Juwandi. Gue kenalin mereka sama yang namanya RnB EC..kursusan yang isinya orang-orang gila, gila dengan mimpi-mimpi mereka :D Pulang ke KI lagi juga gue bawa mainan..gue kenalin yang namanya Scrabble sama Uno..gak banyak yang udah tau..asiknya gara-gara itu kita jadi sering bareng, setiap ada waktu luang kita main scrabble atau uno :D

Di Bulan Desember, banyak yang berubah disini.. Pastinya! Banyak juga member-member baru, tapi periode di Bulan Desember ini menurut gue periode gila-gilaan.. karna termasuk periode holiday.. ketemu sama banyak cowok-cowok dari Makassar..huh Makassar dimana-mana haha Di Bulan ini juga gue ikut trip ke Bali..pertama kali ke Bali tuh..huahaha Rombongannya itu kebanyakan Makassar community, tp sayang si Mahal sama uwandi gak ikut, sekitar 25 orang, ceweknya Cuma ber 4..gue, Miss Lina,Miss Emma, Nurul..dan mereka juga orang-orang Makassar..ahaha Asik perjalanannya, walopun gue berlum terlalu kenal banyak sama cowok-cowoknya, paling Cuma Wira,Utta,Zaldi,Linggar yang gue kenal akrab, tapi sksd gak masalah dong?:p Yang paling gila itu waktu perjalanan pulang pas nyebrang.. Miss Emma itu kan selalu bawa-bawa teddy bearnya, nah kebetulan kita liat ada penumpang lain yang bawa teddy bear hampir mirip banget,cowok tapi yang bawa..terus si Mr. Ryan dengan kegilaannya,dia samperin tuh si cowok sambil bawa-bawa teddy bearnya miss Emma, dia ajak kenalan terus foto bareng..dan kita berisik teriak-teriak ngetawain mereka..alhasil kita jadi pusat perhatian satu kapal..hahahhaa Nah by the way, bulan Desember itu masuk di Periode Holiday…wuh kalian harus tau ya Kampung Inggris padat banget! Terutama di Jalan Anyelir…padet! Di camp juga kedatangan banyak member baru, gue sebagai tutor campnya, sempet kebingungan..karena berasa baru ada yang dateng, eh dateng lagi..begitu seterusnya…sampe gue adain Sensus member di camp haha Mulai dari anak SD,SMP,SMA sampe Kampus pun ada.. dan pastinya dari berbagai macam daerah juga J Gue sampe pindah kamar, karena ada saudaranya Ririn yang mau satu kamar sama dia, it’s okay..gue jadi satu kamar sama Mahal, terus ada juga Miss Lina dan Miss Emma dari makassar.. Miss Lina sama Miss Emma ini ya mereka sahabat banget, dan mereka lucu-lucu..seru aja setiap pagi denger miss Emma teriak.. “ah miss, I’m hungry’ haha bangun tidur dia kelaperan=)) the best bangetlah mereka!  Gue juga dapat sahabat cewek baru, mereka adalah Esti,Lely,Maria..mereka sih temen seangkatannya si Mahal di Periode dia. Tapi jadi sering main juga sama mereka J

Nih periode tersibuk gue, periode 25 Desember 2013. Kalian tau kenapa? Bayangin aja sehari ada 8 kelas yang harus gue ikutin! Super banget capeknya..  gue ikut kelas TOEFL yang sehari masuk 4 kali, terus 4 kelas lainnya adalah Study Club 2 kali, kelas SB ONE’S,dan kelas tambahan buat Abang Zaldi. Flash back sedikit, apasih SB ONE’S itu? Itu sebenernya Cuma nama kelas, kelas micro teaching yang di handle sama Papa Bay.. kenapa namanya SB ONE’S? itu singkatan dari Seven Brothers One Sister. Yap.. 7 cowok dan 1 cewek, ceweknya gue doang…mereka adalah Aim,Labirin,Holil,Zee,Tanjung,Anton,Wahyu dan gue sendiri pastinya. Kelas SB ONE’S ini udah berlangsung sekitar sebulan, yang dipelajarin ya pelajaran-pelajaran micro teaching, diajarin gimana tata kelakuan yang baik saat ngajar dll gitu…seru banget, prakteknya ngajar didepan mereka.. Lanjut ke cerita kesibukan gue diperiode ini.. jam kelasnya itu ya :
1.       Study club pagi 05.00-06.00
2.       Kelas Toefl 07.00-08.30
3.       Kelas Toefl 08.30-10.00
4.       SB ONE’S 10.00-11.30
5.       Tambahan abang Zaldi 11.30-12.30
6.       Kelas Toefl 13.30-15.00
7.       Free kelas speaking dari Toefl 16.00-17.30
8.       Study club malem 19.00-20.00
Kebayang kan gimana ngos-ngosannya gue? Udah gitu untuk kelas Toeflnya bukan di RnB tapi di kursusan lain,jadi harus bolak-balik gitu..sampe-sampe kelasnya abang Zaldi yang udah direncanain itu suka gak berlangsung karena guenya kecapean. Kadang dia yang ngejar-ngejar gue gitu minta kelas,tapi guenya yg kabur karena kecapean ehehe maaf ya abangku^^ Gue juga jadi jarang ada di camp, alhaslil gue jadi jarang merhatiin member-member gue di camp pada saat itu…tapi kesibukan itu hanya berlangsung selama 2 minggu J setelah periode 25 selesai, rasanya gue bisa bernafas dengan lega J

2013 akan berakhir, ini juga akan jadi pertama kalinya gue Tahun Baruan di kampung orang.. rencananya adalah mau makan-makan dan jalan ke Alun-alun Pare.. Kali ini tema masakannya adalah masakan khas Makassar, kokinya itu anak2 di camp 4..tapi lebih utama Mr. Randy yang masak. Nama makanannya kalo gak salah “Nanre Palekko”, itu ada daging itik sama bebeknya dibumbuin pedas gitu,sederhana kedengarannya tapi rasanya luar biasa enak banget!! Seneng bisa nyobain makanan khas daerah lain hehe Semua member RnB kumpul dari mulai camp 1-camp 4..tempat kumpulnya itu di camp 4 karna lahan yang paling luas ya disana, percaya gak? Itu aja hampir gak muat loh, duduknya semua di muat-muatin hehe Selesai itu ternyata gak jadi ke alun-alun karena kata Mr. Bay..gak enak kalo cewek keluar malem, disana masih kuat adatnya J Akhirnya dengan kecewa, semuanya balik ke camp, terutama anak-anak ceweknya, pada ngeluh gitu..tapi keadaan gue malem itu sebenernya lagi gak terlalu baik,jadi ya gue gak peduli mau tahun baruannya sepi apa engga, pulang dari camp 4 gue langsung tidur.. yang gak terlupakan itu makanannya :p

Let’s say hello to 2014, Januari J Yang gak gue lupain ya, dibulan ini gue deket banget sama abang Zaldi, si abang super perhatian sama gue, gue lagi sakit ya dia panik gitu,padahal Cuma demam atau flu..tapi segitu perhatiannya dia beliin gue obat..pernah ya, gue lagi sakit terus gue bbm dia kalo di camp itu gak ada air minum,jadi gue gak bisa minum obat terus dia bilang Z: “mau sa beliin minum?”
G: “mau”
Z: “tapi sa beliin yg di botol kecil aja ya, lagi gak ada uang”
G: “ya terserah”
Gak lama dia manggil-manggil gue dan beneran aja bawain minum,padahal dia bilang gak punya uang, dan kalian tau yang bikin gue shock pas ketemu dia itu? Dia Cuma pake Kain bali se-lutut dan kaos..sumpah bikin ngakak banget! Gak cocok sama mukanya yang sangar ituloh..ahaha tapi biar gimana gue sayang banget sama si abang yang satu itu..

Di awal tahun ini juga gue kedatemgam temen SMA gue, Syifa. Dia nnyusul gue sama Mahal sekalian ngisi liburan kuliahnya dia,sekitar tanggal 7 Januari dia datengnya. Dia pertama dateng tuh nempel mulu sama gue, gak mau lepas..kaya anak gak mau kehilangan ibunya haha Guelah yang memperkenalkan dia ke temen-temen gue di RnB ini haha

Gue kedatengan temen dan gue juga harus ditinggal sama temen dan kakak gue… Miss Lina,Emma,Esti,Aim,Zaldi dan Utta.. mereka harus pulang, mereka bilang waktu mereka udah selesai buat di KI.. waw! Sedih banget! Disaat lagi nyaman dengan keakraban bersama mereka, mereka harus pulang..Esti,miss Lina,Miss Emma ngadain perpisahan sendiri, ada sedikit drama diwaktu itu..yang pulang duluan itu Esti..wuh sedih liat Mahal nangis.. FYI,Mahal dan Esti ternyata saudara..Esti itu tantenya Mahal. Beberapa hari kemudiannya Miss Emma dan Miss Lina..kamarpun hampa..Cuma diisi gue sama Mahal. Kalo perpisahannya Zaldi,Utta,Aim sih pas banget perpisahan mereka itu waktu kita lagi ada acara Maulid Nabi, makan-makan pastinyaa.. masakan kali ini khas Pulau Bawean.. Lupa namanya hehe tapi enak J selesai makan-makan, mereka menyampaikan sepatah dua kata… gak tega waktu denger mereka ngomong, mau nangis..kenapa gue harus ditinggal lagi? Tapi gue gak bisa berbuat apa-apa.. gue Cuma bisa nge-ikhlasin mereka pulang. Yang pertama pulang itu Aim..beberapa hari berikutnya itu Utta sama Zaldi..mereka pulangnya malem, jadi selesai study club gue ikut ke camp 4, campnya Utta..gue sedih..gue ikut narik kopernya dia haha iseng sih..selesai nemenin Utta, gue ke camp center nemuin Zaldi, terus gue ikut dia ke camp 2, sama kaya yang gue lakuin ke Utta, gue bantuin dia bawain barang-barannya ke camp 4.. ada rasa gak ikhlas sebenernya…sampe di camp 4, ada acara foto-foto gitu, selesai foto-foto mereka masuk mobil dan berangkat.. mobilnya pergi..gue liat dari kejauhan…apa yang gue rasain? Hampa.

Selesai sedih-sedihan gue, gue udah mulai bisa tanpa mereka.. ya setiap hari gue bbmin si abang Zaldi,Cuma buat bilang ‘kangen’, sms si Aim juga sama isinya, kalo ke Utta kadang gue masih skype sama dia. Ada member baru lagi nih dateng di camp 3..mereka adalah cewek-cewek dari Padang yang kuliahnya di Semarang..uh super sekali bisa ketemu orang Padang langsung haha mereka adalah Tari,Cica,Ani..gak lama beberapa hari kemudian temen mereka nyusul, Bibah..dia asal lLamongan. Oiya ada juga Dita, dia si cewek pendiem asal Yogyakarta. Yang paling asik itu, waktu ngabisin weekend bareng mereka, mulai dari makan pagi bareng-bareng di tempat termurah..yaitu warung makan Wildan..makan sama ayam tuh bisa dapet Cuma 5ribu :p kita makan bisa satu jam..abis buat ngobrol waktunya haha lanjut abis makan itu kita main UNO..biasa coret-coretan muka pake bedak! Bete main UNO kita semua naik keatas…dan kita bikin bioskop di kamarya Padang community, speaker dibawah kita bawa keatas, kita nonton film “Evil Dead Body” kalo gak salah. Lampu dimatiin,hordeng ditutup,aturannya gak boleh tutup muka atau keluar kamar, yang ngelanggar dia harus bayar..ahaha gila banget nontonnya teriak-teriakan..maklum ya cewek ngeliat yang sadis-sadis pasti gitu hehe nonton film itu sampe Magrib pokoknya..ah the best banget deh!!

Di bulan Januari ini, gue terakhir ambil program di kursusan lain. Gue udah gak mau ambil program, bukannya sombong sih tapi bosen soalnya menurut gue metodenya sama, gitu-gitu aja. Terakhir ambil program itu di periode 10 Januari 2014 yang berarti selesai sekitar tanggal 25 Januari. Gue konsultasi sama papa Bay gue, ya dia ngasih saran bla bla bla. Kebetulan malemnya ada meeting tutor-tutor RnB, ngomongin tentang persiapan periode 25 januari, walaupun gue Cuma tutor camp tapi gue sering diajak meeting juga. Oh iya sekalian ngomongin Mr. Randy yang mau pulang waktu itu. Dan di meeting inilah semuanya bermula.. gue dikasih kepercayaan lebih untuk nge-handle kelas reguler.. yaiut gantiin Mr. Randy di kelas vocabulary. Awalnya gue gak berani kan.. vocab? Duh gue aja gak pernah seneng sama pelajaran vocab haha tapi seperti cerita sebelumnya, gue gak mau ngelewatin kesempatan itu. Gue ambil aja kesempatan berharga itu. Setelah diskusi – diskusi gitu, gue sempet nanya kan membernya siapa aja nanti, kebetulan bakal ada rombongan katanya dari Samarinda.. dan mereka anak kuliahan dengan jurusan Sastra Inggris. GILA! Saat gue tau itu,  gue sempet panik.. minder dong umur segini ngajar anak kuliah, jurusannya kebetulan Sastra Inggris pula.. takut bikin malu aja. Walaupun gak semuanya member dikelas gue dari rombongan itu sih hehe Ada anak-anak padang itu dan ada juga yang lain. Tapi gue gak mau mundur gitu aja, gue tetep ngejalanin. Oh iya by the way Mr. Randy tetep ngajar kok, kebetulan kelas periode kali ini dibagi dua, karena bisa dibilang overload, jadi kelas A dan B gitu, selain beda kelas beda juga jamnya. Gue dapet kelas A yang jam 7 pagi dan Mr. Randy kelas B yang jam setengah 9 pagi.

Periode 25 Januari 2014 udh mulai, disinilah kehidupan gue berubah. Gue juga megang kendali sebagai tutor camp, yang berarti sekarang tugas gue ada 2. Setiap malemgue pelajari vocab yang bakal gue ajarin, gue cari satu persatu kata itu phonetic symbolnya atau bisa disebut cara pelafalannya. Gue mulai bangun pagi lagi, tapi gue bangun kadang jam 3 atau setengah 4, karena di camp lagi penuh dan gue gak mau ngantri kamar mandi nantinya, begitu bangun gue langsung mandi.. gak peduli deh dingin juga. Selesai mandi gue siap-siap dengan baju yang bakal gue pake buat ngajar nanti.. gue langsung ngetok-ngetok semua kamar dan bangunin anak-anak camp 3.. dan gue harus naik turun pastinya buat bangunin semuanya, ada yang susah dibangunin ada juga yang gampang dibangunin.. banyak alesan banget buat yang susah bangun pagi hahaha lucu-lucu banget mereka. Kalo udah bangun semua, tinggal solat subuh berjamaah yang akan berlanjut dengan Study Club. Gue masih ngehandle study club juga kok, karna memang tugasnya tutor camp. Dan gue juga mulai memainkan beberapa ice breaker di study club gue, mulai bagiin lirik lagu yang nantinya biar mereka bisa nyanyi bareng-bareng. Selesai study club biasanya gue tidur lagi tapi di periode ini gue stay di kelas bawah, kalo sempet ya gue sarapan kalo engga yaudah internetan aja sambil nunggu kelas Vocab yang bakal dimulai jam 7 itu. By the way gue ngehandle kelas Vocabulary 1 sama vocabulary 2. Untungnya kelas vocab 2 jam 4 sore, jadi gue punya banyak waktu istirahat. Sambil nunggu member dateng, gue tarik nafas mulu kerjaannya.. grogi banget sih hari pertama itu.. gue bikin catetan dibuku kecil gue, yang isinya step-step buat selama pelajaran.

Nah member udah dateng semua.. saatnya kelas dimulai! Pastinya gue opening dulu kan, gue ngenalin diri gue dan ngenalin sedikit sejarah tentang RnB. Mereka serius banget merhatiin gue, sambil gue merhatiin sekeliling buat ngilangin grogi gitu.. gue kenalin target di kelas gue.. selesai opening, mulai materi.. gue pake metode tutor-tutor vocab di Pare, ditulis sekitar 10 atau 20 vocab pertama, terus kasih tau pronunciationnya atau cara pelafalannya, gue ulang sekitar 2 atau 3 kali. Selesai itu gue suruh mereka ngafalin dengan partnernya, Kadang ditengah pelajaran gue adain ice breaker juga, dan kalo gue lagi nulis di papan tulis gue nyetelin lagu biar mereka gak bete. Hahahaha tulisan gue sukses kaya gunung, naik turun..tapi bagus kok tulisannya..hohoho kelas hari pertama pun selesai, gue berhasil ngebunuh nervous gue! Selesai kelas biasanya gue ke center yang nantinya bakal jadi kelas B, gue ngasih kertas vocabnya ke Mr. Randy, udah itu gue cari makan biasanya atau kalo gue udah sarapan, gue balik ke camp terus lanjut tidur hahaha nanti mulai lagi kelas jam 4 di vocab 2, dan kebetulan di periode itu gue ngehandle kelasnya si Syifa, dia seneng banget masa gue yang handle kelasnya haha Di kelasnya dia ini lucu..isinya bapak semua..hahaha Cuma si Syifa dan satu temennya yang anak kuliahan, gue panggil mereka Om haha ada 3 cowok dan 2 cewek ya, berarti Cuma 5 orang. But it’s okay! Kelas berjalan dengan asik karena kebetulan si om-om disana itu gila semua,mereka jahilnya minta ampun haha kelas pun selesai jam setengah 6 sore, lanjut istirahat, solat magrib, ngaji dan study club malam..begitu seterusnya.. melalahkan!

Hey let’s say hello to February! Dibulan ini gue ngerasain kesedihan yang amat mendalam..karena dimana gue ditinggal sama sahabat gue si Wira, pasti kalian udah tau ceritanya…sekaligus Mr. Randy juga pulang ke kampungnya.. Oh iya gue juga ikut trip ke Bali lagi bareng temen-temen dari Samarinda, eh gak semuanya sih hehe Tujuan ke Bali yang ini Cuma buat belanja, jadi gue gak bener-bener nikmatin perjalanannya. Pas hari pertama gue berangkat, itu si Syifa pulang.. sayang banget gue gak bisa ikut nganter…Ngomong-ngomong soal Bali, Mr. Randy tetep ikut kita kok ke Bali, jadi niatnya itu dia dari Bali  langsung ke Makassar, dia gak sendirian, dia sama Heril member RnB juga, sama-sama dari Makassar. Terakhir kita pisah di Bedugul sama mereka, jadi kita mau balik ke Pare itu pisah sama mereka, sedih banget pisah sama Mr. Randy.. si Annoying yang bisa jadi inspirasi gue. Nah pulang dari Bali ini, gue kedatengan member baru lagi loh cewek.. mereka adalah si kembar tapi tak sama Gitsta dan Qisti..mereka asal Bogor (kalo gak salah hehe) tapi mereka kuliah di Yogyakarta, dan Puput asal Jawa Tengah..(lupa ehehe). Gitsta ini kuliah jurusan Psikologi, kebetulan itu adalah jurusan yang gue mau buat kuliah nanti.. jadi gue banyak ngobrol sama dia.. ya sekedar cerita-cerita soal jurusannya lah :D

 Nah dibulan ini juga Kediri dan sekitarnya dapet festival petir dari Gunung Kelud..alias Gunung Kelud meletus! Kampung Inggris kena hujan abunya nih.. tanggal 13 Februari 2014 itu kita gak ada feeling kalo GK bakal meletus di hari itu, sempet baca-baca beritanya, kirain meletusnya besok gitu ehehe Gini ceritanya, di tanggal 13 itu dari siang emang udah mati lampu,tapi gue gak tau penyebabnya apa, terus pas sorenya hujan lebat banget anginnya juga nyeremin, bikin gak berani keluar camp deh! Mati lampu terus sampe magrib, kita aja makan gelap-gelapan mesen nasi goreng sebelah camp..selesai makan gue ngerasa ngantuk, yaudah gue tidur aja sama si Mahal.. eh dipertengahan itu lampunya nyala, tapi gue Cuma pindah ke kamar aja, kasur gue ngeres banget, gue lanjut tidur.. sekitar jam setengah 11 malem itu anak-anak ngetokin pintu kamar gue sama Mahal, mereka teriak-teriak “miss Elva, miss Elva Kelud siaga 1 miss, turun kebawah ayo bawa barang2 yg penting aja” itu kata anak-anak, yaudah gue sama Mahal langsung beres-beres dan dia bilang “ini Cuma mimpi kali men” ahaha udah kita beres-beres kita langsung cusss turun kebawah, untungnya powerbank gue ada senternya.. jadi turun kebawah Cuma bermodalkan senter itu..udah semua anak-anak camp 3 kumpul di bawah, terus ada yang ngetok-ngetok pintu camp..ternyata anak-anak cowok, mereka minjem motornya Maria buat beli masker. Sambil nunggu yang beli masker, yang udah punya masker sih langsung pake.. anak-anak lanjutin tidurnya.. yaampun gak tega banget, udah kaya ngurus anak sendiri gitu, gue gak bisa tidur nyenyak.. denger ada yang batuk atau garuk-garuk aja gue langsung kebangun…banyak nyamuk. Gue keatas sendirian buat ngambil lotion anti nyamuk itu, gue olesin ke kaki sama tangannya mereka… ngerasa sayang banget sama mereka… selesai itu ada lagi yang ngetok..om om dari camp 2 (hehe :p) mereka ngasih air minum sama obat batuk yang gue minta.. udah itu mereka ngasih saran suruh tutup aja pintunya, karena sebelomnya gue buka..abisnya panas..tapi akhirnya kita tutup pintunya karena bahaya juga itu hujan abunya lumayan. Kira-kira jam 4 gue kebangun, lumayan tidur beberapa jam. Gue ngecek keluar, ternyata hujannya masih..gak ada suara tapi abu yang turun..sekitar jam setengah 5 baru hujan abunya berenti. Gue ngebangunin Mahal dan bilang kalo hujan abunya udah berenti, gue sama Mahal malah keluar buat keliling sekalian mau nyobain jalan di pasir kaya gitu gimana :p Kita keliling jalan Anyelir..sepi banget..Cuma ketemu Mr. Bay di depan camp 4,terus gue ngintip kedalem camp, ternyata mereka juga tidurnya bareng di ruang tengah haha :p Selesai muter-muter, kita balik ke camp.

Alhamdulillah paginya udah cerah, Cuma bedanya udah kaya pantai aja jalanannya berpasir. Beberapa kursusan libur dihari itu, tanggal 14 Februari 2014. Banyak yang pulang katanya mereka takut meletus lagi, gue sendiri disuruh pulang tapi gue gak mau dan akses kendaraannya juga lagi susah. Tapi yang kita rasain ya biasa aja. Eh bener aja gak ada kejadian apa-apa lagi sehabis itu.. sekitar 3 hari berikutnya kegiatan di KI udah berjalan seperti biasa, hanya banyak orang yang pake masker kemana-mana. Kita tinggal nunggu Hujan air aja buat sedikit bersihin jalanan biar gak terlalu berpasir. Tapi kita cewek-cewek pindah tidurnya ke bawah,karena diatas masih terlalu berdebu. Cuma bawa 1 kasur aja dari atas. Beberapa hari kemudian hujan air akhirnya turun.. deras banget! Kita semua lagi asik di bawah.. gak sadar, ada Gitsta yang abis ngambil jemuran dia teriak-teriak dari atas. Kirain ada apa ternyata… Lantai 2 banjir! Bocor semua kamar karena abu kemarin terlalu ngebebanin kayanya.. alhasil karpet kamar pun basah..kita cewek-cewek panik dong gatau harus gimana? Gue panggil Mr. Bay..kasian liat dia kerja sendirian, akhirnya gue sama Tari pergi ke camp 4 buat nyari bantuan..pertama gue ketemu sama Ono member dari Makassar, dia yang langsung cus ke camp 3, gue suruh dia naik keatas atap buat bantu Mr. Bay…sayangnya dia takut ketinggian! Uh payah! Akhirnya gue minta tolong aja sama dia buat nurunin semua kasur yang ada diatas, udah ada 1 kasur yang basah banget jadi ditinggal diatas. Selesai itu kita cewek-cewek bersihin kamar, buangin air yang ada didalem kamar..eh gak lama..grabak grubuk ternyata hampir semua anak camp 4 dateng ke camp, mereka ke atas..kaget! karena hampir semuanya.. gak semuanya bantuin,ada yang Cuma liatin, ada yang bantu buat buangin airnya, ada juga yang naik ke atap bantuin Mr. Bay…kerasa kekeluargannnya J selesai mereka bantu, mereka pada balik dan gue,Cica,Mahal, Bibah malah perang air diatas..alhasil kita ber-4 basah kuyup!haha selesai itu ibu kita si Fina asal Pasuruan (dia ngaku kalo dirinya itu Princess :P) masakin kita indomie rebus sama teh hangat. Gak punya mangkok gede di camp buat nampung 3 indomie.. akhirnya yang kita pake langsung pancinya! Haha Jadi rame-rame itu ngerebutin garpu..garpu Cuma ada 3, jadi kita gantian makannya.. seru!! Sehabis kejadian banjir itu, kita cewek-cewek semuanya tidur di kelas bawah, keliatannya miris tapi gue seneng karena kita semua jadi ngumpul. Kita jadi sering bikin bioskop dibawah sampe malem, teriak-teriakan, mr. Ryan pernah pas nganterin air ke camp, dia bilang “kecilin dikit kenapa volumenya” ahaha terus juga kita sering makan bareng, waktu satnight juga kita abisin bareng-bareng, seneng banget!

Akhir bulan Februari ini gue ditinggal sama Padang community, Bibah, Puput.. uh di camp jadi sepi deh, tinggal sisa-sisa pejuang GK meletus :p Banyak yang berubah dibulan ini, terutama semangat gue.. semangat gue berasa hilang.. gue merasa kesepian banget, pare pun sepi, gue jarang keluar camp, ngajar gue jadi berantakan, malah 1 periode itu Cuma masuk 2 atau 3 kali, iya sih muridnya Cuma 3 orang tapi yang masuk suka Cuma 1 orang, kadang gue udah dateng, eh gak ada yang dateng, kadang guenya juga sakit, kadang guenya yang kesiangan.. hancur deh. Gak tau ada apa sama gue, gue juga kerjaannya uring-uringan.. gak ada aktivitas, Cuma internetan aja di dalem camp. Sampe jarang ketemu sama Mr. Bay, paling ketemu juga kalo gue sms dia.

Awal maret nih kita pergi lagi ke Pulau Sempu.. cerita perjalanannya sama kalian bisa baca di link yang ini. Ngerasa pulang dari Pulau Sempu itu hidup gue lebih berwarna, ada cerita kebahagiaan disana. Gue pun bersyukur J Gue juga jadi lebih ngeakrabin diri sama si duo Rizal dan Akbar, mereka hampir gak pernah dipisahin haha Akbar dari Makassar, Rizal dari Riau, mereka ini temen satu periodenya si Mahal, dulu Cuma tau nama tapi sekarang akrab :D Pulang dari sana, beberapa hari kemudian Gitsta sama Qisti balik.. lagi-lagi camp ditinggal. Jadi sisanya itu Cuma ada gue,Mahal,Maria,Lely,Fina. Hari Sabtu, gue lupa tanggalnya.. Mr. Bay dateng ke camp dan ngajak kita buat beresin camp dan bersihin camp yang udah kaya gudang itu..maklum bekas korban banjir hehe Seharian itu kita pake buat bersihin camp, kelas bawah,seluruh kamar pun kita bersihin, udah kaya sulap tiba-tiba camp bersih kinclong!haha Jadi kita semua balik ke kamar masing-masing. Dan sekitar tanggal 6 itu si Utta ternyata balik lagi ke Pare, walaupun sebelumnya dia bohong.. dia bilang gak jadi ke Pare. Dia bawa ikan teri gitu masakan dari mamanya katanya sih, enak kok!

Rencana gue Pulang itu tanggal 12 Maret 2014 bareng sama Mahal,Lely,Maria, tapi seminggu sebelumnya ada yang telpon gue dan ngebatalin rencana pulang gue… dia adalah temen SMP gue, Fabian. Kenapa gue bilang gitu? Karena ternyata dia mau Dateng. Padahal ya dia udah gue ajak dari pertama gue mau ke Ki, tapi dia bilang entar-entar mulu. Yaudah demi temen, gue batalin lagi rencana pulang gue. Beberapa hari sebelum tanggal 12 Maret,kita kedatengan member lama si Cruel dan Diva duo asal Pulau Bawean. Dan ada juga yang baru, Miss Agca (duh gatau nama aslinya :p),dia udah lama di KI tapi pindah camp,karena dia temennya Mr. Ryan juga. Hm.. Akhirnya tanggal 12 Maret 2014 gue ditinggal lagi.. Mahal,Lely,Maria.. mereka pulang. Gue gak ikut nganter,karena gak ada motor hehe Terus juga Mr. Bay pulang. Makin kesepian aja gue, setelah mereka semua pulang, yang gue lakuin setelah mereka pulang, Cuma internetan di bawah, galau…hampa… Fina ada kelas waktu itu. Yang lain juga. Sendirian aja gue sampe magrib..gabut! Fabian temen gue itu datengnya masih besoknya, jadi sehari itu gue bener-bener gabut. Sampe makan malem pun gue ikut-ikutan sama anak camp 4 di tempat favorit.. Mak tembak! Wuih enak banget makanan disana.. gak peduli gue cewek sendiri, yang penting gue ada temen :D Selesai makan, gue balik ke camp..dan gue merubah semuanya.. Gue ngebersihin kamar, gue rapihin pokoknya.. karena gue sekarang di kamar Cuma sendiri, jadi gue mau semuanya rapih dan bersih. Gue juga mulai bikin TO-DO List gitu. Jadi lebih teratur lah :D

Tanggal 13 Maret 2014 pun tiba, temen gue si Bian dateng juga. Sekitar jam 8 dia sampe di RnB, yang jemput dia itu si Mr. Ryan. Pas dia sampe dia langsung telpon gue, gue nyamperin dia ke Center. Wew kumel banget doi haha udah lama gak ketemu, terakhir ketemu itu sebelum lebaran. Udah deh tuh seharian gue sama dia, ya seenggaknya gue gak gabut. Gue udah kaya nyokapnya dia disana.. les aja hari pertama gue yang nganterin, kalo mau makan pasti dia sms gue haha Semenjak ada si Bian, kegiatan gue yang dulu keulang lagi, tiap pagi udah nongkrong di center,entah Cuma internetan ataupun ngobrol sama si Bian. Kalo ngobrol sama dia emang gak berasa banget emang dasar kalo ketemu temen lama pasti banyak yang diobrolin. Ada member yang bilang kalo gue lagi sama dia katanya kaya ibu sama anaknya haha rese ya. Kalo kata Mr. Ryan kaya perangko, berduaan mulu. Abisnya dia malu gitu kalo sama orang baru hahahaha

Rencana kepulangan gue udah fix, tanggal 29 Maret 2014.. eh gak jadi lagi. Karena Wira ke Jakarta, dan sebelumnya gue udah janji sama dia kalo dia ke Jakarta gue bakal jalan sama dia. Gue majuin kepulangan gue jadi tanggal 25 Maret 2014, waw Mr. Bay sedih banget mukanya pas gue bilang mau pulang, dia juga yang nemenin gue beli tiketnya. Gue udah tinggal menghitung hari aja buat pulang. Gue nulis banyak di bukunya Mr. Bay, segala curhatan gue ada disana, karena dia belakangan ini sibuk jadi gue curhat lewat situ aja, ada sekitar 6 atau 7 lembar gue tulis..hahaha Dan gue banyak ngabisin waktu di Center. Join-join aja sama cowok-cowok di sana, autis semua sama laptop, mereka seneng banget main game yang namanya Throne Rush, si kecil Elang asal Makassar lah yang ngebawa virus itu-_- Kadang gue tidur-tiduran disana, bodo amat gak peduli ahaha Kalo udah di Center tuh suka bercanda teriak-teriakan, kadang kalo pada masak gue ikut makan haha :p

Tanggal 24 Maret 2014 pun tiba, satu hari sebelum gue pulang. Gue beli kaos Kampung Inggris gitu, gue beli 2.. satu buat gue satu lagi buat abang gue si Utta. Hari itu gue sibuk banget, beli persiapan buat besoknnya. Gue pun beli Hadiah buat Mr. Bay, buku tentang idolanya dia, Bung karno. Tiba waktu malamnya, study club terakhir gue yang handle.. gue kasih mereka game, sedih banget rasanya! Tapi alhamdulillah mereka dateng semua, selesai study club ada sedikit game dari Mr. Ryan.. rame deh. Nah abis itu ada acara farewell party.. bukan party besar kok, Cuma isinya ya penyampaian kata-kata gitu dari gue, gue ceritain ke mereka kisah gue selama 7 bulan bersama keluarga RnB di pare, ngedeskripsiin beberapa member terdekat gue, kasih mereka kata-kata indahlah pokoknya.. wuh gak kuat hampir nangis! Tapi gue berhasil nyelesain kalimat-kalimat gue, dan saat terakhir gue minta mereka buat teriakin yel-yel RnB, gue yang ngasih aba-aba, di aba-aba terakhir itu gue seakan gak kuat buat ngomong.. udah mau nangis.. tapi lagi-lagi gue tahan..abis itu Mr. Ryan dan Mr. Bay nyampein pesan-pesan mereka buat gue, dan ada beberapa kalimat motivasi pastinya dari mereka buat semua member. Acara farewell kali itu paling lama,selesai jam setengah 11 malem..semua kelaperan tapi untungnya selesai acara itu gue beliin mereka roti sama kue-kue gitu, kebetulan kan hahaha selesai dari center gue makan bareng anak2 camp 4 dan ada si Fina juga, gak semuanya sih seinget gue ada Bian,Ucup dari Kalimantan,Ziad dari banten,Afnan dari Pulau Bawean,Izal,Utta,Akbar,Elang,Anton kalo gak salah..agak lupa hehe seperti biasa kita makan di Mak tembak, karena udah pada abis, yang ada Cuma Dokar (endog bakar/telur bakar) yaudah kita pesan, kebetulan gue ada rejeki ya gue yang bayarin, itung-itung terakhir..makan malem itu gue rasa paling nikmat, gak kerasa udah jam setengah 12, sebenernya gue belom mau balik,tapi inget gue cewek dan udah kemaleman..jadi gue balik ke camp. Gue ketemu dulu sama Utta, dia nyusul gue ke camp, gue kasih bajunya dan dia ngasih Jaketnya dia buat gue, katanya “pake aja”. Terus udah itu dia balik ke camp,entah kenapa malam itu gue ngerasa dia beda,cara ngomongnya juga lebih halus gitu karena biasanya dia rese dan kali itulah gue ngobrol serius sama dia.  Gue balik ke kamar, terus packing, dan gue galau banget, maksimal!

Tanggal 25 Maret 2014 udah dateng.. hari itu saatnya gue pulang. Gue siap-siap dari pagi, baru keluar camp itu sekitar jam 10 pagi. Wah rasanya pagi itu cerah banget, ketemu anak-anak mereka nanya gue balik jam berapa, gue makan di Warung teteh depan center..warung makan langganan anak RnB..langganan ngutang :p Abis makan gue duduk-duduk didepan warung bareng Fina dan Habibi dari Aceh. Fina ngajak main UNO.. wah main UNO terakhir di Pare! Okelah kita main, terus si Bian sama Elang juga ikutan sampe kita pindah mainnya di depan Center. Gue ngerasa deg-degan waktu itu, deg-degan karena mau ninggalin pare.. anak-anak jadi bercanda gitu kan bilang “biasanya ada apa-apa nanti” “nanti kecelakaan keretamu” ih amit deh! Uh gak kerasa udah jam 1 siang, gue balik ke camp buat solat dan narik koper ke Center. Couple gue si Fina yang bantuin gue bawain barang ke Center, kebetulan disana anak-anak lagi rame juga. Kita foto-foto sebelum gue pulang. Udah jam 2, waktunya gue cuss.. gue salim sama semuanya, yang menyedihkan itu pas gue salim sama abang gue si Utta, dia ngomong tapi gak mau liat ke gue, kan nyebelin? Mau nangis rasanya pisah lagi sama dia. Gue meluk Fina, ternyata dia nangis dan gue pun nangis! Gue dianter sama Mr. Bay naik motor ke stasiun Jombang, gue naik ke motor, ngeliat ke Center dan semuanya liatin gue.. gak kuat gue nangis. Motorpun jalan. Ditengah perjalanan gue nanya sama Mr. Bay,
G: keburu gak ya pa?
Mr. B : sekarang jam berapa?
G: jam setengah 3
Mr. B : keburu *melaju lebih cepat*

*zrrrrrrrrrrrrrrrttttttt zrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrt* Gue merem, berasa kelempar.. suara keseret dari helm pun terdengar, *plek* gue jatoh.. masuk ke kubangan pinggir sawah gitu..kaya rumput-rumput tinggi..gue udah pasrah banget, mau bangun gak kuat masih shock, gue gak bangun.. gue mikir “yaallah kenapa disaat aku mau pulang gini?” dateng Mr. Bay nyamperin gue, gue denger suara dia “de..de” gue melek, dia bantuin gue buat bangun dan naik ke atas. Dia shock liat luka gue, gue juga baru sadar kalo ada luka… baju gue pun robek dibagian bahu,celana robek dibagian lutut.. gue shock liat luka gue di bahu.. merah banget tapi darahnya gak keluar..akhirnya dibersihin sedikit pake tisu basah. Mr. Bay nawarin mau lanjut aja apa balik ke camp? Gue sedih, mikir tiket yang bakal hangus dan juga mikir gimana kondisi gue? Akhirnya gue milih buat balik ke camp, masih dideket KI lokasinya. Di jalan itu gue nangis, dan gue merasa bener-bener pengen ada dirumah. Sampe di camp gue buka baju,Cuma pake tank top gitu,karena perih banget lukanya. Dan disana ada Fina,Nia dari Lombok,Angel,Diva, Mr. Bay, mereka bantu ngebersihin luka gue pake alkohol, dan gimana gue? Gue nangis se-kejer-kejernya gue teriak-teriak karena rasanya sakit banget, perih,panas!!!! Ada Fina yang meluk gue, gue pegang tangannya dia erat, gue masih terus nangis, gue panggil-panggil nyokap, gue teriak-teriak minta pulang.. Lukanya harus dibersihin karena dijalan itu masih banyak abu vulkanik..bahaya. Berasa lama banget dibersihinnya gue sampe capek nangis kesakitan. Selesai di bersihin, gue telpon bokap gue, ngabarin kalo gue gak jadi pulang dan ceritain semuanya. Udah itu gue dibawa ke tukang urut, ternyata kata tukang urutnya lebih baik besok. Selama itu nyokap gue telponin gue mulu, dia nyuruh gue ke dokter dan pulang tanggal 27. Yaudah gue nurut, di dokter ternyata Cuma diperiksa dan luka gue dibersihin lagi..untung udah gak terlalu perih.. gue dikasih obat. Udah sepulang dari rumah sakit gue Cuma bisa tiduran, baju pun gue cari yang bagian punggung sama bahu kebuka. Gue ngerasa bener-bener pengen ada dirumah!

Semaleman tidur Cuma bisa miring atau tengkurep.. pegel banget! Paginya si Bian dateng ke camp, dia bilang dia masih gak percaya kalo gue kecelakaan, padahal gue ada didepan mata dia-_- terus lagi ngobrol gitu sama dia ada si Akbar sama Utta lewat, mereka Cuma ngeliat terus si Akbar bercanda bilang “padahal kita sudah foto-foto” haha tetep menghibur ya. Lagi-lagi seharian gue abisin dengan kegiatan yang sama, sarapan gue dibeliin sama si Kapten member asal Makassar, terus makan siangnya dari Mr. Bay..dan makan malemnya nih yang paling gue suka, gue dibeliin chikar (chicken bakar/ayam bakar) dari mak tembak sama si Rizal. Selesai mereka study club, rame-rame ke depan camp 3 manggil gue, ternyata hampir semua cowok di camp 4 dateng ahaha Cuma si Utta doang yang gak ada, emang sih sebelomnya gue sms Rizal sama Akbar gue butuh bantuan mereka, tapi gak tau kalo yang lain juga dateng.. ngerasa seneng walaupun mereka masih aja ngeledekin gue-_- Akbar penolong gue, dia yang mijit gue karena pas sorenya tukang urutnya gak bisa. Gak peduli deh malu sama luka gue, yang penting gue di pijit. Dia masih sempet-sempetnya bercandain gue, dasar! Malem itu juga gue beli tiket kereta buat besoknya tanggal 27 Maret 2014. Mr. Bay semua yang ngurus, kasian dia pasti capek hehe

Hari terakhir gue di Pare pun tiba, 27 Maret 2014… kali ini gue bener-bener pulang. Gue nyewa mobil buat ke stasiunnya, agak trauma dan dilarang sama nyokap juga hehe Gue mohon sama si Rizal buat ikut nganter, sebenernya gue mau Akbar sama Utta juga ikut tapi ternyata mereka gak ikut, rasanya kecewa banget tau mereka gak ikut.. tapi ada Kapten,Elang,Hizbul dari Madura,dan Bian yang ikut juga. Mr. Bay udah duluan naik motor. Fina gak bisa ikut karena dia ada kelas katanya. Mr. Ryan juga gak ikut..sebenernya sedih sih dia gak ikut, tapi yaudah mau gimana lagi? Mr. Fatir juga gak bisa ikut.. yaudah yang bisa ikut aja, kita semua naik mobil..perjalanan begitu sunyi..gue berfikir terus.. gue ninggalin Pare, dan gue masih sedih karena Akbar sama Utta gak ikut.. Sampe di stasiun gue nemuin Mr. Bay yang udah nungguin kita.. wah mukanya dia….gak tega….. pengumuman yang ngasih tau kalo bentar lagi keretanya dateng juga udah bunyi.. gue bangun dari duduk gue.. perpisahan sama mereka, gue peluk Mr. Bay, gue nangis! Gak tega banget rasanya. Dia juga ngasih pesan-pesan gitu, dia bilang “welcome to reality”.. salaman sama anak-anak yang ada disana..sempet foto-foto hehe Gue ke tempat boarding tiket dulu.. gue sendiri,mereka ngeliatin gue, gue pisah sama mereka.. terakhir gue melambaikan tangan gue ke mereka..gue jalan ke kereta. Sepanjang jalan itu gue galau banget. Menatap pemandangan dengan pikiran gue yang masih ada di KI.

Benar kalo ada yang bilang Kampung Inggris adalah Kampung Mimpi. Sekarang gue udah ada di rumah gue, di dunia nyata gue. Kehidupan gue di Kampung Inggris hanya bagaikan mimpi atau kejadian yang gak akan pernah gue ulang. Kemaren itu gue masih ada disini, dan begitu gue bangun gue udah gak disana. Apa selama ini gue Cuma mimpi? Apa cerita-cerita gue ini emang bener Cuma mimpi? Gue sedih, gue kangen mereka. Gue bener-bener mau sama mereka terus. Kenapa setiap pertemuan pasti ada perpisahan? Tapi gue berfikir.. gak ada yang abadi, sesuatu yang kita miliki itu gak bisa sama kita terus selamanya, gue harus terima itu. Sekarang yang harus gue percaya adalah kalo suatu saat gue akan bertemu sama mereka di keadaan yang lebih baik lagi.

Sekali lagi, terimakasih buat semuanya. Buat semua orang yang pernah gue temuin di Kampung Mimpi . Jangan pernah putus kontak, tetap saling berhubungan. Gue sayang banget sama kalian semua, gak akan gue pernah ngelupain kalian. Gue gak akan inget hari dan waktunya, gue Cuma bakal bisa inget memorinya aja. Hanya foto-foto kita yang menjadi saksi dan bukti bahwa kita pernah bersama dalam suatu keindahan. I Love you all! <3


Thanks for reading  my long Journey reader :D<3 
 See You :D

Foto-foto beberapa tokoh di cerita ini kalian bisa lihat disni.

2 komentar: